Diet Makan Sehat Bagi Sakit Darah Tinggi, Kolesterol dan Gangguan Lambung

Hasil konsultasi saya dengan Bapak Suratman di Klinik Gizi RS. Muhammadiyah Bandung.

Pola hidup sehat bisa kita terapkan jika kita berkomitmen untuk menjaga setiap asupan makanan dan minuman sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Pola Makan

  • Porsi tiga kali makan secukupnya, selingi dengan buah-buahan dan cemilan sehat (biskuit atau cracker tanpa selai)

Hindari makanan dan minuman kalengan, bersoda, terlampau manis, mengandung pengawet dan pemanis buatan, beragi dan zat additif lainnya.

Karbohidrat

Nasi, gandum, roti gandum 2 iris (satu minggu dua kali), kentang rebus, singkong (kukus sampai lembut sekali), hindari ubi.

Khusus mie instan boleh dikonsumasi maksimal dua kali seminggu dengan catatan semua bumbu baik kaldu, saus, sambal, termasuk minyak gorengnya dibuang.

Kita ganti minyaknya dengan satu sendok teh minyak sayur atau mentega seukuran ibu jari.

Mari kita bikin kaldunya:

Air untuk kaldu sebaiknya kita ambil dari ayam fillet, kalau dari ayam potong, kita buang kulitnya. Buang air rebusan pertama untuk menurunkan kadar lemak dan hemat kotoran yang mengambang diatas permukaan air. Siapkan air rebusan ke dua hingga mendidih, baru kita masukkan gula dan garam secukupnya, bawang putih, bawang merah, daun bawang, seledri dan sedikit lada yang telah kta tumis dengan minyak sayur atau mentega.
Setelah dingin, masukkan ke dalal botol atau kemasan lain, simpan di dalam ruangan pendingin maksimal satu minggu.

Protein Hewani

Ayam, ikan air tawar, ikan lat segar, hindari kepiting dan udang. Untuk daging merah maksimal satu kali seminggu dengan ukuran sekitar 5x6cm. Telur maksimal satu butir jika denan kuning telurnya. Kalau pitih telurnya saja, kita bisa konsumsi dua putih telur.

Protein Nabati

Tahu, tempe, hindari kacang-kacangan.

Sayuran

Semua boleh kecuali yang bergas tinggi, seperti lobak, nangka, kol, sawi hijau.

Bagi penggemar jengkol, kita masih boleh konsumsi lho dengan porsi secukupnya maksimal sekali. Jengkol kita rebus dari udara dingin hingga mendidih dan empuk. Jika berlebihan dikonsumai kita bisa sakit kepala dan badan pegal-pegal.

Buah-buahan

Semua boleh Hati-hati bagi aahabat dengan gangguan lambung, hindari durian, nangka dan nanas.

SUSU

Pilih susu rendah lemak (rendah lemak). Jika kita minum yang full cream, hanya bisa satu gelas sehari atau kamu juga satu gelas sehari.

Budayakan pola makan sehat untuk hidup yang lebih baik.

Demikian hasil catatan saya. Mohon maaf jika ada kekeliruan, silakan jika ingin menambah atau mengoreksi catatan saya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Lia-Hijihawu