MUDIK KE ANDALAS

Motor sudah diservis, ban sudah diganti tubeless plus anti bocornya, bensin telah diisi penuh, Vario 125 kami siap menjelajah tanah Sumatera.


Hari Jum’at, tanggal 1 Juli 2016 Pukul 13.51 WIB, saya bersama suami memulai perjalanan dari rumah kami di Bogor. Hampir semua ruas jalan macet, menjelang Hari Raya Idul Fitri pasar kaget membuat jalan dijejali penjual dan pembeli. Panas terik plus lalu lintas yang benar-benar parah macetnya, bikin geleng-geleng. Motor sudah melipir habis, selap-selip pun sulit. Sabarrr.

Adzan maghrib berkumandang di daerah Kalideres yang juga poll macetnya. Waktunya berbuka puasa sambil istirahat di pom bensin. Perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Merak, Banten. Pemudik bermotor ramaiii, terlihat dari tas-tas dan kardus besar yang diikat sedemikian rupa.

Tiba di Loket Tiket pelabuhan Pukul 23.06 WIB, biaya sebesar Rp 45.000,- untuk menyeberangkan motor beserta penumpangnya menuju Pelabuhan Bakauheuni, Lampung. Pukul 00.15 dari Dermaga 3, kapal ferry melaju di atas Selat Sunda.

Pukul 02.00 WIB, Honda Vario 125 kami menjejak Tanah Andalas. Terharu. Tepat di depan Pom Bensin Suka Mananti, tiba-tiba mesin mati. Mogok. Keringat dingin mengalir. Dini hari mana ada bengkel motor yang buka. Resah dan galau, akankah perjalanan kami selesai sampai di sini?

Info Mudik Honda 2015 masih kami pegang. Jadilah dalam risau itu kami menghubungi Honda Customer Care. Dealer baru buka jam 8 pagi. Rupanya pihak Honda merespon dengan cepat keadaan kendaraan kami. Pukul 08.55 WIB, sopir dari dealer datang mengangkut motor menuju AHASS 8965 di Kalianda, dealer terdekat sekitar 30 km dari Pelabuhan Bakauheuni.

Tiba di dealer, kami disambut dengan ramah oleh Bapak Jackson, kepala mekanik di sana.Kondisi motor segera diperiksa. Ternyata penyebab utamanya adalah patahnya pulley motor, setelah menghajar lubang dengan cukup keras di jalan mendekati Pelabuhan Merak. Terima kasih Astra Honda Motor dan Bapak Jackson yang telah membantu kelancaran perjalanan kami menuju Payakumbuh.

Start dari Masjid Kubah Intan pukul 13.00 WIB, berlanjut menuju Way Kanan. Hari sudah malam. Pukul 20.30 WIB kami bermalam di Masjid Al Istiqamah di SP. Ketibung, Lampung Utara. Terima kasih Pak Yan telah mengizinkan dan menyambut kami dengan hangat dan beristirahat di sana.

Tentang Masjid Al Istiqamah ini sahabat Hijihawu, Pak Yan bercerita bahwa modal awalnya hanya berupa tanah dan uang sebesar Rp. 7 juta. Sumbangan dari donatur baik yang singgah atau melewati jalan ini sangat membantu pembangunan berdirinya masjid ini. Sehingga di sini pintu masjid selalu terbuka, lampu selalu menyala, siap menerima para musafir yang ingin bermalam di sana. Masjid dari umat untuk kemaslahatan umat yang ingin melepas lelahnya. Terima kasih. Indahnya persaudaraan…

Memasuki Wilayah Oku, Sumatera Selatan, jalan rusak berat, lubang jalan menganga dan dalam memanjang di sepanjang Jalan Semidang Aji. Sayang sekali, padahal rumah adat yang indah di kanan dan kiri jalan, anggun menghiasi jalan ini. Tetapi sedikit tolehan akan sanggup membuat pengemudi celaka dan selesai.

Betapa bahagianya saat dari jauh tampak  gapura berbentuk bagonjong terlihat di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi. Hampir sampai. Semangattt..

Perjalanan berlanjut melewati Pasar Sijunjung dan Lintau. Jalan cukup kecil dan curam, menaiki dan menuruni bukit serta kelokan tajam. Cuaca yang sejuk, hamparan sawah yang indah, memacu semangat untuk segera tiba di Payakumbuh.

Pukul 16.00 WIB rasa haru menyeruak. Setelah menempuh perjalanan dari Bogor selama 3 hari lebih 2 jam, kami tiba di Tanjung Pati, Payakumbuh. Perjalanan yang melelahkan dipenuhi aral melintang, dengan izin Allah kami selamat dan sampai untuk berlebaran bersama keluarga tercinta. Alhamdulillaah.

Pendapat Sahabat :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s