CUNGCUING

Saya mengenal burung ini hanya dari suaranya saja yang sangat khas, mendayu-dayu melengking, dengan tempo yang lebih cepat pada akhir siulannya. Burung ini penuh misteri, karena seumur hidup, baru sekali ini, saya melihat wujudnya , ini pun masih sosok imut yang terjatuh dari pohon, belum mampu terbang.

Pernahkah sahabat mendengar perihal burung ini? Atau mungkin ia memiliki nama lain yang berbeda dari Cungcuing? Karena tidak pernah melihat dan kemungkinan ia juga jenis burung yang tidak suka narsis, saya tidak mengetahui padanan katanya dalam Bahasa Indonesia.

Berdasarkan informasi dari sahabat Ismail Agung, pemerhati satwa di Hutan Tangkoko, Sulawesi Utara, burung ini diketahui sebagai Burung Wiwik Uncuing.

Sayangnya kehadiran burung ini suka dikaitkan dengan hal-hal buruk, bahwa hadirnya, jika ia bertengger di atap rumah seseorang, akan ada orang yang meninggal dunia. Dengan kata lain, kedatangannya membawa berita kematian. Benar-benar kabar burung. Dapat sahabat bayangkan, seandainya kabar ini benar adanya, penduduk di sekitar saya telah habis! Karena di sekitar saya, hampir sepanjang hari, suara cungcuing dapat terdengar jelas ataupun samar dari kejauhan.

“Thiyarah adalah syirik, thiyarah adalah syirik, dan tiada seorang pun di antara kita kecuali (telah terjadi dalam hatinya sesuatu dari hal ini), hanya saja Allah menghilangkan dengan tawakkal kepadaNya.” (HR. Abu Dawud)

Thiyarah adalah merasa bernasib sial atau meramal nasib buruk karena melihat burung, binatang lainnya, atau apa saja.

Katakanlah, “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakkal.” (At-Taubah 51)

Sumber : Al Qur’an Terjemah Depag dan Tauhid Pemurnian Ibadah Kepada Allah, Syaikh Muhammad At Tamimi

Semoga bermanfaat.

54 thoughts on “CUNGCUING

  1. sya baru tahu namanya “cungcuing”….๐Ÿ™‚
    mmg burung ini selalu saja dikaitkan dengan hal2 yg buruk ya padahal mah itu hanyalah rekaan manusia saja๐Ÿ˜€

    • Itu versi Sunda Bens.๐Ÿ™‚
      Versi Indonesia ternyata ia diketahui sebagai Burung Wiwik Uncuing.

      Kasian juga ya burungnya, dikambing hitamkan atas hal-hal yang tidak baik…

  2. Kalau dikampungku, bunyi burung yg dikaitkan dng kematian Murai, Mb Lia. Oh namya cangcuing, ditempat tinggalku pagi2 alhamdulillah masih mendengar suara cangcuing. Kayakny burung pemalu yA
    Jarang kelihatan

    • Berbeda daerah, berbeda pula ya Mbak Vi mitos yang berlaku. Murai yang cantik itu mungkinkah pilu disalahkan atas kejadian buruk kepada seseorang?๐Ÿ˜€

      Sepertinya ia burung yang rendah hati, tidak suka menampakkan diri. Lebih menyukai bertengger di rimbunnya pohon sekitar rumah Mbak Vi.๐Ÿ™‚

    • Anggapan itu ada, karena seringnya burung tersebut muncul bersamaan dengan hadirnya tamu. Sehingga seolah memberi kabar akan ada yang datang. Padahal, segala sesuatu tidak ada yang kebetulan, semua sudah DigariskanNya.

      Yang dilarang itu, ketika melihat burung tersebut, karena takut terjadi kesialan, menjadi mengurungkan niat. Wallahu ‘alam.

      Kapasitas saya hanya menuliskan kembali Puch, silakan ditanyakan kembali kepada yang lebih berkompeten.

      Terima kasih banyak.๐Ÿ™‚

  3. didieumah namina sit uncuing.. mitosnya juga sama…

    keur ngaririncik hujan wengi terus pareum lampu nguping sora sit uncuing, sok rada muringkak bulu punduk … hadeuhh…

  4. Kalau bahasa Indonesia-nya Burung Wiwik Uncuing. Nama latinnya Cacomantis sepulcralis. Nama Inggris-nya Rusty-breasted Cuckoo.

    Selain mitosnya yang jelek, perilakunya juga jelek. Burung wiwik termasuk burung parasit. Mereka tidak mengerami telurnya, melainkan disimpan dan dierami di sarang burung lain yang terlebih dahulu disingkirkan telur-telurnya.

    • Masih satu kelas. Mungkin saja artinya, wahaiii… calon penghuni kubur. Hehe… Kita semua memang akan mati kan, hanya waktunya saja yang menjadi rahasiaNya.

      Sampai sekarang suara cungcuing sering terdengar Al, memang ia menyukai tempat sekitar saya.

      Terima kasih kunjungannya ya..๐Ÿ™‚

  5. Burung Cungcuing kayaknya sama ya dengan burung gagak kalau disamakan dengan hal-hal yang buruk bakal menimpa nasib seseorang. Namun ketentuan diri setiap orang sudah ketentuan Allah SWT. Salam…..

    • Cungcuing dan gagak masih satu keluarga, manusia saja yg menyimpulkan kehadiran kedua burung tsb membawa pertanda buruk. Padahal seperti yg Mbak Arum katakan, semua tidak terlepas dari Kehendak Allah SWT.

      Salam kembali.๐Ÿ™‚

  6. manusia bs aj menanggapnya brung ni ky gini ky gitu

    semua tdk lepas dr kehendak sang pencipta
    allah swt๐Ÿ™‚

  7. sebulan penuh burung ini terus berbunyi sebelum bapak saya meninggal. dan begitu pula ketika tetangga saya meninggal. dan akhir-akhir ini setiap hari burung itu berbunyi…..entahlah

    • Kemungkinan burung tersebut memang tinggal di sekitar tempat ybs dan berkicau pas bersamaan dengan meninggalnya seseorang. Tidak boleh kita sangkut pautkan, karena segala sesuatu, termasuk kematian adalah ketetapanNYA.

      Terima kasih kunjungannya.

  8. Kemungkinan burung tersebut memang tinggal di sekitar tempat ybs dan berkicau pas bersamaan dengan meninggalnya seseorang. Tidak boleh kita sangkut pautkan, karena segala sesuatu, termasuk kematian adalah ketetapanNYA.

    Terima kasih kunjungannya.

Pendapat Sahabat :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s